GELAR SERAH TERIMA JABATAN, KEPALA DESA WONOAGUNG RESMI BERGANTI

  • Jun 16, 2023
  • WONOAGUNG.TIRTOYUDO

Wonoagung - Pemerintah desa Wonoagung, Tirtoyudo, menggelar acara serah terima jabatan kepala desa di balai desa, kemarin (15/6). Sejumlah elemen masyarakat seperti ketua RW, RT, tokoh masyarakat, muspika kecamatan dan sejumlah kepala desa se kecamatan Tirtoyudo hadir dan memenuhi gedung balai desa. Kegiatan tersebut merupakan tangda dimulainya pemerintahan baru dari kepala desa lama ke kepala desa baru, sekaligus melantik ketua PKK desa yang ditangani langsung oleh ketua PKK kecamatan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan, dilanjutkan dengan serah terima jabatan kepala desa yang disaksikan langsung oleh camat Tirtoyudo, Joanico da Costa, beserta para muspika. Sekretaris desa, Koko Prayono, membacakan surat keputusan pengangkatan kepala desa baru untuk masa jabatan enam tahun ke depan. Setelah itu, Kepala desa lama, Sulyadi dan kepala desa baru, Rujianto, menandatangani surat serah terima jabatan dengan disaksikan oleh camat. Kepala desa lama menyerahkan sejumlah kelengkapan kepala desa seperti stempel kebesaran dan dokumen kepala desa kepada kepala desa baru sebagai simbol keabsahannya dan menjalankan tugas serta tanggung jawabnya menjadi kepala desa.

Selepas itu, pembawa acara memulai acara dengan pelantikan ketua PKK desa dengan pembacaan surat keputusan oleh salah satu anggota PKK kecamatan. Selanjutnya, ketua PKK desa yang baru, Yatirah, dilantik langsung oleh ketua PKK kecamatan menggantikan ketua PKK desa yang lama, Andariningsih, yang sudah menjalankan tugasnya selama enam tahun terakhir ini. Pelantikan tersebut juga ditandai dengan penyerahan kelengkapan organisasi kaum ibu-ibu desa tersebut seperti stempel dan dokumen kepengurusan dari ketua lama ke ketua baru. Dengan demikian, ibu tiga anak tersebut sah menjalankan amanah menjadi ketua PKK desa selama enam tahun ke depan.

Acara disambung dengan sejumlah sambutan dari berbagai pihak. Kepala desa lama mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerjasama semua lapisan masyarakat desa yang telah membantu serta bekerjasama dalam menjalankan roda pemerintahan selama enam tahun terakhir, utamanya di masa pandemi beberapa tahun lalu. Ia juga memohon maaf bila selama menjabat terdapat hal-hal yang membuat masyarakat desa tidak terlayani. Sedangkan kepala desa baru memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan mandat kepemimpinan desa kepada dirinya saat pemilihan kepala desa beberapa minggu lau. Ia menyatakan siap menjalankan pemerintahan dengan sebaik-baiknya, disamping siap menerima masukan dan kritikan dari masyarakat apabila terdapat hal-hal yang perlu dilakukan dalam waktu enam tahun ke depan. Ia pun berharap agar masyarakat desa bekerjasama dengan pemerintah dalam segala hal, termasuk program pemerintah yang menyasar langsung kepada masyarakat itu sendiri.

Sementara itu, camat Tirtoyudo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat desa yang menyukseskan linimasa pemilihan kepala desa hingga serah terima jabatan kepala desa. Ia mengingatkan bahwa desa Wonoagung saat dijabat kepala desa lama merupakan desa yang sering mencuri perhatian pihak kecamatan dalam hal melaksanakan program pemerintah dan kegiatan kemasyaratkatan. Sehingga tugas kepala desa baru saat ini adalah bagaimana desa bisa mempertahankan kinerja pemerintahan dan kemasyarakatannya di hadapan semua pihak, terutama masyarakat desa itu sendiri. Sebelum mengakhiri sambutan, ia berharap kepala desa baru benar-benar menjalankan pemerintahan dan mendukung program pemerintah yang telah ada. (Adm/Wgg)